Tidak Salah, karena Salah adalah Kebenaran

 Liga Ingris

Bandar Bola Dunia – Mohamed Salah baru-baru ini banjir pujian karena jasanya mengantarkan Mesir lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 untuk pertama kalinya sejak 1990. Pencapaian itu tak lepas karena dalam namanya mengandung kata ‘Salah’.

Salah memastikan negaranya lolos setelah ia mencetak gol penentu di menit-menit akhir lewat titik putih penalti kala menghadapi Kongo. Sebelumnya, ia sudah mencetak satu gol yang sempat disamakan. Kemenangan 2-1 menjadi hasil akhir dalam pertandingan tersebut. Mesir pun menjadi juara Grup E babak kualifikasi zona Afrika.

Salah lahir di Basyoun pada 1992. Pria yang kini berusia 25 tahun tersebut punya nama lengkap Mohamed Salah Khamid Ghali Thaha. Ia lebih dikenal dengan nama singkatnya: Salah.

Dalam pengucapan bahasa Indonesia, kata ‘Salah’ sering menimbulkan kerancuan. Sebab, kata ‘Salah’ dalam bahasa kita sama dengan ‘Keliru’ yang cenderung mengarah pada hal negatif.

Dalam bahasa Arab nama Salah memiliki arti positif. Dalam bahasa Arab, penulisan kata ‘Salah’ menggunakan kata Sha’ bukan Sa’:صلاح ­. Jadi, kata tersebut memiliki arti: Kebenaran, Kesopanan, Kepantasan, Integritas, Jasa, Kebugaran.

Seluruh kebaikan dalam arti kata ‘Salah’tersebut adalah sebuah doa dari orang tua Salah ketika mengiringi kelahiran si jabang bayi. Itulah kenapa orang tuanya memberi nama Salah, karena nama adalah setengah dari doa.

Sementara itu banyak orang tua tidak beruntung dan gagal mewujudkan pengharapan dari nama anak. Mereka ingin anaknya bersifat sabar dengan memberi nama ‘Sabar’ tetapi ternyata punya sifat mudah marah. Anak diberi nama ‘Syukur’ agar selalu lapang dada, tapi ternyata sering mengeluh.

Dan orang tua Salah termasuk salah satu orang tua yang sukses mengambil manfaat dari sebuah nama anaknya. Salah sekarang telah menjadi orang yang namanya sesuai dengan manfaatnya.

 

Author: 

No Responses

Comments are closed.